A. Pendahuluan
Di zaman yang serba canggih ini, kemudahan untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi sudah tidak diragukan lagi. Salah satu teknologi yang paling menunjang dalam memperoleh informasi adalah internet. Internet sudah menyentuh berbagai kalangan bahkan kalangan anak-anak sekolah dasar (SD) pun sudah mulai mengenal internet. Penggunaan akses internet saat ini sangatlah mudah ditemui seperti di HP, warung internet, dirumah yang memiliki jaringan internet, mereka dapat mengakses dimana saja dan kapan saja.
Pada umumnya situs yang sering dibuka oleh para pengguna internet adalah situs jejaring sosial seperti facebook, twitter , my space dan lain sebagainya. Hal ini disusul oleh fakta, bahwa Indonesia tercatat sebagai pengguna Facebook dan Twitter terbesar kedua di dunia pangsa pasar internet dan ternyata 8% dari pengaksesnya adalah Siswa SD (sumber : www.kadin-Indonesia.or.id).
Facebook misalnya, salah satu situs jejaring sosial yang banyak diminati oleh kalangan pelajar (SD,SMP,SMA), remaja sampai dengan usia lanjut tertarik untuk memiliki akun facebook. Tapi memang untuk kalangan SD tidak diperbolehkan dalam jaringan ini karena tidak memenuhi batas usia. Namun pada kenyataannya sekarang ini sebagai fakta yang ditemukan pada akun facebook yang saya miliki banyak pengguna siswa SD diantaranya siswa saya sendiri kelas VI (enam) dimana mereka mulai akan menginjak pada masa remaja. Mungkin ini diakibatkan kurangnya pengawasan terhadap siswa dan rasa ingin tahu siswa semakin tinggi sebanding dengan perkembangan zaman. Tapi apakah ada sisi positif dibalik pengaksesan jejaring sosial facebook ini untuk para pelajar, bagi pelajar SD khususnya?
Mengangkat dari pertanyaan di atas memang selain sisi negatifnya, facebook bisa memberi manfaat yaitu untuk meningkatkan komunikasi siswa dan sarana informasi. Selain itu, kita bisa manfaatkan sebagai media pembelajaran dengan menggunakan jaringan komunitas/grup pada jaringan facebook sekaligus pengawasan pada siswa dengan membuat komunitas pada jaringan tersebut. Pada jaringan komunitas/grup ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media penyampai informasi dan bagi siswa sebagai sumber informasi dan pembelajaran.
B. Pengertian dan Manfaat Penggunaan Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang berkembang sangat pesat saat ini. Facebook menduduki rangking pertama sebagian jenjang sosial yang terlaris diantara jenjang-jenjang sosial lainnya. Indonesia tercatat menduduki rangking ke-2 dari 10 negara pengguna facebook terbanyak (sumber : http://renataliaa.wordpress.com/2011/05/24/penggunaan-facebook-sebagai-media-pembelajaran/).
Facebook dapat diakses secara mudah lewat internet yang ada di komputer ataupun laptop dan di handphone. Penggunaan facebook lebih mudah dan efesien. Facebook memiliki fasilitas untuk aplikasi comunitas atau grup tertentu yang dapat digunakan untuk sumber media pembelajaran. Dalam komunitas/grup tersebut kita dapat mengakses status mengenai pembelajaran materi yang akan disampaikan, soal-soal latihan, pekerjaan rumah (PR), pemberitahuan ataupun pembahasan soal, dsb.
C. Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran sebuah proses komunikasi antara pembelajaran, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa batuan sarana penyampaian pesan atau media (Sadiman dkk, 2007).
Sarana penggunaan jaringan facebook dapat dijadikan sebagai media pembelajaran interaktif di luar sekolah. Dengan membuat hyperlink weblog dari facebook, guru dapat menceritakan secara tidak langsung bahan inti materi. Facebook sebagai media pembelajaran tambahan memiliki banyak potensi dan keunggulan, terutama karena banyaknya pengguna facebook dari kalangan pelajar disamping kaya dengan fitur dan aplikasi yang dapat dikembagkan oleh guru, serta kemampuan web ini dapat diakses dari handphone.
D. Kelemahan dan Kelebihan Jaringan Facebook sebagai Media Pembelajaran
Dalam pengaplikasiaan penggunaan facebook sebagai media pembelajaran pastilah terdapat kelebihan dan kelemahannya. Kelebihan menggunakan facebook sebagai media pembelajaran tentu mempunyai keuntungan, dimana bisa melakukan proses pembelajaran tanpa adanya keterbatasan dalam hal waktu dan kondisi. Disamping itu
Kelemahan tentu saja ada dimana harus di dukung oleh perangkat sarana dan prasarana penunjang kelancaran proses belajar mengajar melalui faceebook, seperti ketersediaan alat teknologi bagi guru dan siswa. Walaupun tidak setiap siswa memiliki alat teknologi yang dimaksud, dapat saja anak tersebut melihat dan berbagi informasi dengan temannya yang memiliki akun tersebut.
E. Kegiatan Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Pembelajaran
Seperti telah dijelaskan di atas bahwah jaringan facebook telah meranah di dunia Sekolah Dasar serta dapat di akses dengan mudah dimana saja dan kapan saja dengan bantuan HP atau komputer. Dalam jaringan ini kita dapat memanfaatkan jaringan ini sebagai media pembelajaran dengan cara membuat komunitas/grup yang di dalamnya terdapat anggota/siswa dan pengajar.
Dengan cara mengupdate perubahan status tentang bahan belajar maka wall akan berisi koneksi bahan ajar serta memungkinkan guru dan siswa yang online dalam waktu yang sama untuk berinteraksi dan merespon atau memberi komentar tentang status atau tugas yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Melalui ini pun guru dapat meng-upload album dan foto yang mendukung materi pembelajaran. Lalu guru dapat menandai foto untuk siswa untuk membahas tentang hal itu. Pada jaringan akun komunitas ini guru dapat memberikan soal-soal latihan, pembahasan ataupun pemberitahuan/pengumuman pada siswa.
Guru dapat melakukan penilaian para siswa dan menditeksi pemahaman siswa serta melakukan pengawasan terhadap siswa dalam penggunaannya. Sehingga siswa dapat terkontrol dalam penggunaan jaringna facebook. Dari pada anak mengguna jaringan facebook sekedar main-main alangkah baiknya kita sebagai pengajar meluruskan anak keproses pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan perkembangan anak pada usianya dan perkembangan teknologi yang makin pesat.
D. Penutup
Penggunaan jejaring facebook yang sedang merebak dikalangan siswa Sekolah Dasar dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Kita tidak mungkin dapat menutup perkembangan teknologi tetapi kitalah yang harus mengikuti dan mengarahkan keadaan sesuai dengan kemampuan siswa. Sebagai pengajar, pada perkembangan teknologi yang semakin pesat ini agar dapat dimanfaatkan ke arah yang positif, terutama yang dapat mendukung pembelajaran anak. Namun keterlibatan orang tua juga harus ada dan ikut mengawasi dalam perkembangan ini.
E. Daftar Rujukan
Multiply. Pemanfaatan Media Berbasis ICT Terhadap Pembelajaran di Sekolah.
Renataliaa.(2011). Penggunaan Facebook Sebagai Media Pembelajaran.
http://renataliaa.wordpress.com/2011/05/24/penggunaan-facebook-sebagai-media-pembelajaran/).
Sadiman, dkk.(2007).Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Speedy, W. Class Six ‘Plb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar