RSS

Selasa, 21 September 2010

LESSON STUDY

Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidikan melaui pengkajian pembelajaran secera kooberatif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual leraning untuk membangun learning community.

Tiga tahap Lesson Study yaitu :

1. Perencanaan (Plan)

2. Pelaksanaan (Do) dan Observasi

3. Refleksi (See)

Langkah –langkah pelaksanaan Lesson Study :

a. Membentuk kelompok lesson study

· Merekrut anggota kelompok

· Menyusun komitmen tentang tugas-tugas yang harus dilaksanakan

· Menyusun jadwal pertemuan

· Membuat aturan-aturan kelompok

b. Memfokuskan lesson study

· Menentukan dan menyepakati tema permasalahan

· Merumuskan fokus permasalahan atau tujuan utama pemecahan masalah

· Memilih sub bidang study, topik dan unit pelajaran

c. Menyusun lesson study

· Apakah yang saat ini dipahami oleh siswa tentang topik ?

· Apa yang diinginkan dari siswa untuk dipahami pada akhir pembelajaran ?

· Rentetan pertanyaan dan pengalaman apa yang akan mendorong pada siswa untuk berpindah dari pemahaman awal menuju pemahaman yang diinginkan ?

· Bagaimana para siswa akan menjawab pertanyaan dan aktivitas apa yang akan dilakukan siswa pada pembelajaran tersebut ? Apakah terdapat permasalahan dan miskonsepsi yang akan muncul ? Bagaimana guru akan menggunakan ide dan miskonsepsi untuk meningkatkan pertanyaan tersebut ?

d. Melaksanakan pembelajaran di kelas dan mengamati

Guru yang ditunjuk mengimplementasikan dan sebagian ada yang menjadi observer

e. Refleksi dan menganalisis pembelajaran yang telah dilaksanakan

· Refleksi dari guru pelaksanaan pembelajaran

· Tanggapan umum dari observer / pengamat

· Presentasi dan diskusi tentang hasil pengolaan data dari pengamat

· Tanggapan dan saran dari ahli / pakar

f. Merencanakan pembelajaran tahap selanjutnya

Lesson Study hampir sama dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hanya saja dalam lesson study tidak bisa dileganisir, didalam dua kelas yang berbeda (objek) penerapan model tidak bisa sama karena krakteristik siswa yang berbeda. Dalam pelaksanaan lesson study model pembelajaran yang ditemukan. Dalam hal ini model pembelajaran atau metode bisa berubah-rubah.

Keterangan :

Catatan materi KKG pada hari Sabtu 31 Juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Wini Fitriani 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .